Bawa Mangga Alpukat Hingga Kopi Kapiten, Kabupaten Pasuruan Ramaikan Pameran AEO 2022

Kabupaten Pasuruan tak ketinggalan sebagai salah satu peserta pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). 

Pameran yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (20/7/2022) ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagni), Tito Karnavian. 

Sedangkan dari Pemkab Pasuruan dihadiri oleh Plh Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib); Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Tri Agus Budiharto dan 10 Kepala OPD terkait. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad menjelaskan, Pameran AEO digelar selama 3 hari berturut-turut, yakni mulai 20-22 juli 2022. Dari Pemkab Pasuruan sendiri menyewa 4 stand yang semuanya diisi oleh seluruh produk khas Kabupaten Pasuruan. Seperti kopi kapiten, batik, bordir, mangga alpukat, bunga krisan, bunga  sedap malam, berbagai olahan perikanan dan kelautan. 

Seluruh Produk tersebut berasal dari UKM/IKM binaan beberapa OPD, diantaranya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, dan Kesehatan Hewan, Disperindag, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perikanan, dan Dinas Lingkungan Hidup. 

Selain itu ada beberapa OPD yang hadir dengan pelayanan terbaiknya. Seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Dinas Kominfo, serta Dinas Pariwisata. 

"Kalau leading sektornya adalah Bagian Perekonomian. Total ada 10 OPD yang mengikuti Pameran AEO ini. Semua produk khas Kabupaten Pasuruan kita tampilkan, mulai mempromosikan potensi unggulan daerah. 

Sementara itu, Plh Bupati Mujib Imron menegaskan bahwa keikutsertaan Kabupaten Pasuruan dalam ajang Pameran AEO ini tak lain sebagai ajang untuk mempromosikan potensi unggulan daerah. 

Terlebih lokasinya di Ibukota Jakarta, sehingga menjadi momen tepat untuk bisa meningkatkan daya jual komoditi hingga peluang investasi. 

"Dua tahun kita tidak ikut pameran, dan tahun ini kita ikut karena dalam rangka promosi sekaligus menyampaikan bahwa Kabupaten Pasuruan ada banyak produk yang berkualitas. Mulai dari buah, sayur, batik, bordir, sampai kemudahan berinvestasi, karena Kabupaten Pasuruan berada di segitiga emas, jadi peluang investasi masih terbuka lebar dan menjanjikan," tegasnya. 

Setelah sempat berkeliling melihat produk daerah lain, Gus Mujib mengharapkan kepada OPD yang ikut pameran untuk bisa mengembangkan produk atau inovasi yang tak ada di daerah lain. Terlebih ketika potensi produknya sama, akan menjadi referensi untuk mengembangkan produk khas daerah menjadi lebih menarik. 

"Bukan hanya dari rasa, tapi kemasan yang menarik itu penting. Saya salut dengan UKM IKM kita yang pintar-pintar dalam mengemas sebuah produk Tingkatkan kualitasnya, jaga rasa dan buat kemasan yang terus menerus menarik dan berubah setiap waktu," harapnya. (Emil) 

Sumber: www.pasuruankab.go.id

Berita Terkait

Berkoordinasi Terkait Dengan Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

Pada tanggal, 29/09/2022 Kunjungan Studi Pelayanan Publik dan Koordinasi terkait Aplikasi serta Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), Serta Aplikasi Absensi Petugas Mal Pelayanan PublikRead More

Kegiatan Audiensi Grand Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan Prof. Dr. Diah Natalisa

Hari Jumat tanggal 30/9/2022, bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah dilaksanakan kegiatan Audiensi Grand Launching Mal PelayananRead More

Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Pada hari Jum'at, 23/9/2022 Di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan Menerima kunjungan dengan Bapak Taufik Hidayanto Setiawan Dari Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik KementerianRead More

No Comments

Tuliskan Komentar