Integritas Dan Kejujuran, Modal Utama Bagi Camat Dalam Optimalkan Pelayanan Publik

Agar penyelenggaraan pelayanan publik dapat lebih optimal, Plh. Bupati Mujib Imron meminta kepada seluruh pimpinan wilayah di Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan integritas. Penegasan itu disampaikan dalam agenda Monitoring dan Evaluasi Camat Se-Kabupaten Pasuruan, Senin (11/7/2022). 

Dengan demikian, penyelenggaraan pelayanan publik akan terwujud lebih optimal. Dengan integritas yang tinggi, maka bisa dipastikan akan memudahkan pimpinan wilayah dalam melaksanakan urusan pemerintahan. 

"Masih momentum Idul Adha, mari kita niat untuk berkurban jiwa raga kita, ada istilah kita waqafkan untuk nusa bangsa. Amanah itu memang tidak ringan. Mari kita jaga integritas dan kejujuran kita sebagai pejabat publik. Camat punya tugas penyelenggaraan Pemdes harus diawasi, menjaga stabilitas, sinergitas dengan Forkopimda. Juga terkait pemberdayaan masyarakat, itu harus dipahami betul," pesan Gus Mujib sapaan Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut biasanya disapa. 

Ditambahkannya, Camat juga bertanggung jawab penuh untuk mengevaluasi Rancangan Peraturan Desa (Raperdas). Berikut mengawal proses pencairan anggaran pembangunan hingga mengawasi dokumen laporan kegiatannya. 

"Jangan mengambil yang bukan haknya. Makanya Allah mengilustrasikan, amanah itu barang kecil tapi berat pertanggung jawabannya. Nomor satu, jangan sampai kita mengambil yang bukan haknya. Kuncinya, integritas dan tanggungjawab penuh melaksanakan kewajiban. Termasuk mengoptimalkan PBB di wilayah masing-masing," paparnya di hadapan seluruh Camat dan Kepal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir dalam forum evaluasi kinerja pejabat publik tersebut. 

Masih dalam momen yang sama, Plh. Bupati menitipkan pesannya terkait kepatuhan Camat dalam mengimplementasikan perjanjian kinerja yang telah ditandatangani. Termasuk di dalamnya, senantiasa bersinergi dan berkolaborasi bersama Forkopimda untuk menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. 

"integritas nomor satu, kedisiplinan, disiplin dan kejujuran masuk di dalamnya. Semuanya wajib dilaksanakan sesuai Fakta Integritas yang sudah kita tandatangani. Paling tidak kita menjaga kinerja kita," Urainya didampingi Asisten Pemerintah dan Kesra, Rachmat Syarifuddin dan Inspektur Kabupaten Pasuruan, Irianto. 

Di akhir arahannya, Gus Mujib menggaris bawahi tentang kompetensi yang harus dikuasai dengan baik oleh seluruh Camat. Mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif dengan semua jajarannya. Baik dengan Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, tokoh masyarakat maupun stakeholder lainnya. 

"Sosialisasi terkait data-data sosial, misal PKH, KIS, BPJS harus selalu dimaksimalkan. Pastikan semuanya terdata dengan baik, terutama data kematian yang harus di update. Ada aplikasi yang dimiliki Dispendukcapil untuk mengeceknya, supaya tidak ada kesalahan pendataan untuk pengajuan PKH, misalnya. Ada juga Kios e-Pak Ladi," himbaunya. (Eka Maria)

Sumber: www.pasuruankab.go.id 

Berita Terkait

Berkoordinasi Terkait Dengan Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

Pada tanggal, 29/09/2022 Kunjungan Studi Pelayanan Publik dan Koordinasi terkait Aplikasi serta Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), Serta Aplikasi Absensi Petugas Mal Pelayanan PublikRead More

Kegiatan Audiensi Grand Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan Prof. Dr. Diah Natalisa

Hari Jumat tanggal 30/9/2022, bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah dilaksanakan kegiatan Audiensi Grand Launching Mal PelayananRead More

Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Pada hari Jum'at, 23/9/2022 Di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan Menerima kunjungan dengan Bapak Taufik Hidayanto Setiawan Dari Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik KementerianRead More

No Comments

Tuliskan Komentar