Wakil Bupati Kembali Berpesan Kepada Dana Hibah Agar Akuntabel Dan Transparan

Seluruh penerima dana ibah untuk masjid, musholla, pondok pesantren dan lembaga keagamaan lainnya agar senantiasa menjaga akuntabilitas pengelolaan anggaran. Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Mujib Imron pada saat menyerahkan secara simbolis bantuan belanja hibah untuk masjid dan musholla di Kecamatan Pohjentrek. Masing-masing, Masjid Al Ikhlas, Dusun Bunguran Desa Pleret, Musholla Baitur Rohman, Desa Parerejo dan Roudlotut Ta'lim, Desa Tidu. 

Bertempat di Masjid Al Ikhlas, Dusun Bunguran, Desa Pleret, Bantuan diserahterimakan kepada pihak pengelola Masjid Dan Musholla, disaksikan oleh tokoh agama setempat. Adapun besarannya, Masjid Al Ikhlas senilai Rp. 40 Juta Rupiah, Musholla Baitur Rohman Rp. 20 Juta Rupiah dan Musholla Roudlotut Ta'lim senilai Rp. 25 Juta Rupiah. 

Dalam sambutannya, Gus Mujib demikian biasanya Wakil Bupati disapa menitipkan pesannya kepada pihak manajemen Masjid dan Musholla agar selalu menjaga dan berhati-hati dalam pengelolaan dana hibah. Sekaligus menyampaikan rasa optimisnya bahwa semua pengurus tempat ibadah yang hadir merupakan orang terpercaya. Sehingga pengelolaan dan penggunaannya bisa efektif dan maksimal. 

"Mengurus, membangun Masjid dan Musholla butuh orang-orang yang amanah dan terpercaya. Insya allah Saya yakin, Bapak-Bapak yang hadir disini adalah orang-orang yang dapat dipercaya ", tuturnya pada hari Jumat (8/7/2022). 

Sementara itu, agar pengunaan dan pengelolaan dana untuk tempat ibadah lebih efektif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat intens menyelenggarakan Sosialisasi Bantuan Hibah Kepala Musholla, Masjid, Pondok Pesantren dan Tempat Peribadatan Lainnya Serta Badan/Lembaga/Organisasi Lainnya. Targetnya, penerima hibah lebih memahami proses penyusunan proposal dan pelaporannya. Pastinya harus sesuai dengan peraturan Perundang-undang. 

Diantara dasar pelaksanaan pemberian hibah, DPA Nomor 4.01.02.2.02.02 tanggal 12 April 2022 dan SK Bupati Nomor 900/643/hk/424.013/2022 tanggal 15 Mei 2022 tentang Lokasi dan Alokasi Pemberian Hibah Kepada Musholla, Masjid, Ponpes dan sarana peribadatan lainnya serta Badan/Lembaga/Yayasan/ di Kabuapten Pasuruan Tahun 2022. 

Diketahui, sepanjang tahun 2022, Pemkab Pasuruan mengalokasikan bantuan hibah kepada ratusan lembaga pengelola masjid, musholla, pondok pesantren dan tempat peribadatan lainnya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan tahun 2022. Total ada 173 lembaga yang akan menerima bantuan hibah dengan sistem transfer melalui rekening atas nama lembaga masing-masing penerima bantuan. (Eka Maria)

Sumber: www.pasuruankab.go.id 

Berita Terkait

Berkoordinasi Terkait Dengan Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

Pada tanggal, 29/09/2022 Kunjungan Studi Pelayanan Publik dan Koordinasi terkait Aplikasi serta Sarpras Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), Serta Aplikasi Absensi Petugas Mal Pelayanan PublikRead More

Kegiatan Audiensi Grand Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan Prof. Dr. Diah Natalisa

Hari Jumat tanggal 30/9/2022, bertempat di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah dilaksanakan kegiatan Audiensi Grand Launching Mal PelayananRead More

Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Pada hari Jum'at, 23/9/2022 Di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan Menerima kunjungan dengan Bapak Taufik Hidayanto Setiawan Dari Tim Deputi Bidang Pelayanan Publik KementerianRead More

No Comments

Tuliskan Komentar