Kapiten Pasuruan Getas Juara Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2022

Inovasi Kapiten Pasuruan Getas Juara (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan Penggerak Ekonomi Petani Kopi Pasuruan menuju Cita Rasa Internasional) ditetapkan sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Nasional tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dalam acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokasi di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Selasa (06/12/2022).

Ditemui sesaat setelah awarding selesai digelar, Bupati Irsyad mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat. Utamanya Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan yang memiliki salah satu program dalam meningkatkan serta pengembangan kapiten sebagai kopi asli Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, peran para kelompok petani kopi hingga seluruh masyarakat sehingga kapiten semakin dikenal luas oleh masyarakat, sangat besar. Mulai dari tokoh masyarakat, pemuda, hingga media yang ikut membantu Pemkab Pasuruan dalam membranding Kapiten Pasuruan.

"Banyak pihak yang harus saya ucapkan terima kasih. Mulai dari petani kopi, pebisnis kopi, tokoh masyarakat, pemuda hingga peran media yang betul-betul membantu Pemkab Pasuruan dalam membranding Kapiten Pasuruan," katanya.

Perihal Kapiten, pasti berbicara tentang bagaimana prospek komoditas kopi di Kabupaten Pasuruan yang kian lama semakin menjanjikan.

Kata Gus Irsyad-sapaan akrab Bupati Pasuruan ini, prospek kopi yang semakin menggiurkan dibuktikan dengan tingginya permintaan pengiriman kopi ke luar Kabupaten Pasuruan. Baik lokal hingga berbagai wilayah di penjuru negeri.

Tak selesai sampai di situ, salah satu produk kopi dari Kelompok Tani Candi Mulyo, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari sangat disukai pangsa pasar Malaysia, Hongkong, Singapura hingga Amerika Serikat.

"Banyak sekali komoditas kopi dari Kabupaten Pasuruan yang bukan hanya dilirik para pecinta kopi nasional, tapi sampai mancanegara. Sampai sekarang pesanan kopi arabika sebanyak 200 kilogram per bulan dikirim ke Malaysia. Belum lagi ada customer dari Amerika yang langsung survei ke lokasi untuk melakukan penjajakan dan kerja sama," katanya.

Irsyad menjelaskan, sentra penghasil kopi tersebar di 8 kecamatan yang meliputi Kecamatan Purwodadi, Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Purwosari, Prigen, dan Tosari. Sedangkan luas areal kopi di Kabupaten Pasuruan mencapai 4.964,01 Ha dengan produksi 2055,55 ton.

Selain permintaan yang masih tinggi, meningkatnya prospek bisnis kopi juga bisa dilihat dari makin banyaknya kafe yang menghadirkan kapiten (kopi asli kabupaten) Pasuruan di semua wilayah penghasil kopi maupun di pusat-pusat keramaian.

Kata Irsyad, Kafe Kapiten sudah banyak menjamur di setiap kecamatan. Bahkan setiap kelompok tani kopi juga membuka kafe dengan harga kopi yang worth it dengan rasanya.

"Sekarang kopi itu jadi menu wajib di semua restoran, rumah makan, cafe atau pun tempat yang menjual makanan minuman. Dan untuk di Kabupaten Pasuruan sudah banyak kafe Kapiten yang dikunjungi banyak penikmat kopi," jelasnya.

Dengan semakin bergairahnya bisnis kopi, Pemkab Pasuruan terus berupaya untuk memfasilitasi para kelompok petani kopi. Mulai dari peningkatan SDM (sumber daya manusia), bantuan benih, sarana prasarana pendukung hingga bantuan unit pengolahan hasil. Support tersebut menurut Gus Irsyad akan diberikan setiap tahunnya.

"Setiap tahun akan kita anggarkan untuk pengembangan kapiten agar semakin dikenal luas sebagai ikon pertanian dan perkebunan di Kabupaten Pasuruan," akunya. (emil)

Sumber: www.pasuruankab.go.id

Artikel Terkait

UNTUK KE-10 KALINYA, PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN KEMBALI MENDAPAT PREDIKAT OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP) ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (LKPD) TAHUN 2022.

Untuk ke-10 kalinya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022. Capaian prestasiRead More

Maslahat Gebyar NIB di Kecamatan Sukorejo

Kamis, 11 Mei 2023 telah dilaksanakan kegiatan Maslahat Gebyar NIB di Kantor Kecamatan Sukorejo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelakuRead More

Maslahat Gebyar NIB di Kecamatan Pandaan

Rabu, 10 Mei 2023 telah dilaksanakan kegiatan Maslahat Gebyar NIB di Kantor Kecamatan Pandaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelakuRead More

No Comments

Tuliskan Komentar